SILABUS
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Satuan pendidikan : SMP Negeri 2 Cipongkor
Kelas : IX
Kompetensi Inti :
1. | Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya |
2. | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
3. | Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
4. | Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori |
KOMPETENSI DASAR
| MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
3.1
4.1 | Memahami dan mengidentifikasi teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks. Menyajikan teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
| Materi Reguler
Pertemuan Pertama Hakikat biantara Struktur teks biantara Isi teks biantara Fungsi sosial teks biantara
Pertemuan Kedua Sora Supraségméntal
Pertemuan Ketiga Menulis teks biantara
Pertemuan Keempat Peragaan biantara Tanggapan peragaan biantara
Materi Pengayaan
Jenis biantara yang berupa Hutbah
Materi Remedial
Isi teks biantara
|
Pertemuan Pertama Peserta didik mengamati tayangan audio/video rekaman biantara; Peserta didik membaca teks biantara; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks biantara; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks biantara; Peserta didik secara individual menyimpulkan isi teks biantara; Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks biantara. Peserta didik mengidentifikasi struktur teks biantara. Peserta didik bertanyajawab tentang struktur teks biantara.
Pertemuan Kedua Peserta didik mengamati tayangan audio/video rekaman biantara; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi tekenan dalam melakukan biantara; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi nada dalam melakukan biantara; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi lentong dalam melakukan biantara; Peserta didik bertanyajawab tentang tekenan, nada, lentong dalam melakukan biantara.
Pertemuan Ketiga Peserta didik berlatih menyusun teks biantara; Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya saling mengoreksi teks biantara yang disusunnya; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap teks biantara yang disusun oleh peserta didik lainnya;
Pertemuan Keempat Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya berlatih biantara; Peserta didik secara bergiliran biantara di depan kelas; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan biantara oleh peserta didik lainnya;
|
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja |
KOMPETENSI DASAR
| MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
3.2
4.2 | Mengidentifikasi isi teks deskripsi tentang kampung adat Sunda, dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Menyajikan secara deskriptif (baik lisan maupun tulisan) hasil analisis atau pengamatan terhadap kampung adat Sunda dengan memanfaatkan berbagai media.
| Materi Reguler
Pertemuan Pertama Hakikat teks deskripsi Struktur teks deskripsi Isi teks deskripsi Hakikat kampung adat Ciri khas kampung adat
Pertemuan Kedua Koherensi dan kohesi wacana
Pertemuan Ketiga dan Keempat Penyusunan teks deskripsi Penyajian teks deskripsi tentang kampung adat sunda berdasarkan hasil pengamatan atau analisis
Materi Pengayaan
Perbandingan teks deskripsi dengan genre teks lainnya
Materi Remedial
Isi teks deskripsi
|
Pertemuan Pertama Peserta didik mengamati tayangan video beberapa kampung adat di Jawa Barat; Peserta didik membaca teks deskripsi tentang kampung adat; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks deskripsi tentang kampung adat; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks deskripsi tentang kampung adat; Peserta didik secara individual menyimpulkan isi teks deskripsi tentang kampung adat; Peserta didik mengidentifikasi struktur teks deskripsi; Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks deskripsi tentang kampung adat.
Pertemuan Kedua Peserta didik membaca teks deskripsi tentang kampong adat; Peserta didik bertanyajawab tentang koherensi dan kohesi wacana; Peserta didik mengidentifikasi bentuk koherensi dan kohesi dalam teks deskripsi tentang kampong adat.
Pertemuan Ketiga Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya melakukan analisis hasil pengamatannya terhadap berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat; Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyusun pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat dalam bentuk grafis; Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyampaikan pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat di depan kelas; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan analisis tentang kampung adat oleh peserta didik lainnya;
Pertemuan Keempat Peserta didik secara individual menyusun teks deskripsi tentang kampung adat berdasarkan hasil analisis dan pengamatan oleh kelompoknya dan telah disempurnakan dalam kegiatan diskusi kelas sebelumnya; Peserta didik secara bersama-sama satu kelas, membuat buku atau bentuk lainnya yang berisi kumpulan teks deskripsi tentang kampung adat; Peserta didik secara berkelompok membuat visualisasi deskripsi kampung adat yang ada di Jawa Barat, dalam bentuk video.
|
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja |
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
3.3
4.3 | Mengidentifikasi unsur intrinsik ringkasan novel remaja dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Mendreskripsikan isi ringkasan novel remaja, dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
| Materi Reguler
Pertemuan Pertama Pengertian novel Struktur novel Jenis novel
Pertemuan Kedua Isi ringkasan novel
Pertemuan Ketiga Ringkasan novel remaja dalam bentuk grafis
Pertemuan Keempat Makna denotatif dan konotatif
Materi Pengayaan
Perbandingan novel dengan roman dan karya naratif lainnya
Materi Remedial
Struktur novel
|
Pertemuan Pertama Peserta didik membaca ringkasan novel remaja; Peserta didik mengidentifikasi struktur novel remaja; Peserta didik bertanyajawab tentang struktur novel remaja; Peserta didik secara berkelompok menganalisis struktur novel remaja; Peserta didik bertanyajawab tentang aspek kebahasaan dan konteks dalam ringkasan novel remaja.
Pertemuan Kedua Peserta didik membaca ringkasan novel remaja; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi ringkasan novel remaja; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi ringkasan novel remaja; Peserta didik secara individual menyimpulkan isi ringkasan novel remaja; Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari ringkasan novel remaja yang dibacanya.
Pertemuan Ketiga Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya melakukan analisis hasil pengamatannya terhadap berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja; Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyusun pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja; Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyampaikan pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja; Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan analisis tentang berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja;
Pertemuan Keempat Peserta didik secara berkelompok menyusun grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja; Peserta didik secara berkelompok menyajikan grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja di depan kelas;
Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap penyajian grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja.
|
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja |
KOMPETENSI DASAR
| MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
3.4
4.4 | Mengidentifikasi kekayaan idiom bahasa Sunda dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan memperhatikan struktur, fungsi sosial, dan aspek kebahasaan.
Menyajikan kekayaan idiom bahasa Sunda serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan memanfaatkan berbagai media.
| Materi Reguler
Pertemuan Pertama dan Kedua Hakekat pakeman basa Sunda Klasifikasi pakeman basa Sunda Makna pakeman basa Sunda
Pertemuan Ketiga dan Keempat Menyajikan pakeman basa Sunda dalam bentuk tulisan aksara Sunda Menyajikan pakeman basa Sunda dalam bentuk grafis untuk berbagai media
Materi Pengayaan
Pakeman basa Sunda dalam biantara
Materi Remedial
Makna pakeman basa Sunda
|
Pertemuan Pertama dan Kedua Peserta didik membaca teks yang mengandung pakeman basa Sunda; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi berbagai kalimat pakeman basa Sunda; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan makna kalimat pakeman basa Sunda; Peserta didik secara berkelompok mengklasifikasikan berbagai pakeman basa Sunda Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari konsep tentang pakeman basa Sunda.
Pertemuan Ketiga dan Keempat Peserta didik menyusun tèks pakeman basa Sunda dalam bentuk aksara Sunda; Peserta didik menyajikan hasil kerja menyusun teks pakeman basa Sunda dalam bentuk aksara Sunda di depan kelas; Peserta didik menanggapi penyajian teks pakeman basa Sunda temannya;
Peserta didik secara berkelompok menyusun grafis berisi teks pakeman basa Sunda; |
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja |
KOMPETENSI DASAR
| MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN |
3.5
4.5 | Mengidentifikasi unsur-unsur teks drama, dengan memperhatikan bentuk dan struktur teks, unsur, serta aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Mendemontrasikan adegan drama dengan memperhatikan penghayatan, ekspresi, gestur dan lagu kalimat yang tepat. | Materi Reguler
Pertemuan Pertama Pengertian drama Struktur drama
Pertemuan Kedua Ragam dan bentuk drama basa Sunda
Pertemuan Ketiga dan Keempat Peragaan Drama
Materi Pengayaan
Skenario film berdasarkan naskah drama
Materi Remedial
Struktur drama
|
Pertemuan Pertama Peserta didik menyimak tanyangan drama; Peserta didik bertanyajawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan drama yang ditayangkan; Peserta didik membaca naskah drama; Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi drama berdasarkan naskah yang dibacanya; Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi drama berdasarkan naskah yang dibacanya; Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi unsur-unsur drama; menyimpulkan isi ringkasan novel remaja; Peserta didik bertanyajawab tentang unsur-unsur drama.
Pertemuan Kedua Peserta didik mengamati tayangan pertunjukan bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda Peserta didik mengidentifikasi bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda; Peserta didik bertanyajawab tentang bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda; Peserta didik secara berkelompok mengklasifikasikan drama dalam basa Sunda berdasarkan bentuknya.
Pertemuan Ketiga dan Keempat Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya bermain drama secara bergantian dengan kelompok lain;
Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan pertunjukan drama oleh kelompok lainnya;
|
Tes tertulis
Penugasan
Tes tulis uraian
Unjuk kerja |
Kepala SMP Negeri 2 Cipongkor, Cipongkor, Juli 2018Guru
Mata Pelajaran,
H. Dadang Arifin, S. Pd,M.Si Saepudin Mukti, S. Pd
NIP 19610511 198302 1 002 NIP 197312 201412 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar