src="" width="300" height="200" />
Allaahumma inni a'uudzubika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal. Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."
Wilujeng Sumping Pamiarsa di SMP NEGERI 2 CIPONGKOR WASPADA COVID-19

14 Feb 2022

SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA SUNDA SMP KELAS 9

 SILABUS


Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda

Satuan pendidikan : SMP Negeri 2 Cipongkor

Kelas : IX

Kompetensi Inti :

1.

Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya

2.

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3.

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.

Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



KOMPETENSI DASAR


MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

3.1







4.1

Memahami dan mengidentifikasi teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan aspek  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Menyajikan teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.


  1. Materi Reguler

Pertemuan Pertama

  1. Hakikat biantara

  2. Struktur teks biantara

  3. Isi teks biantara

  4. Fungsi sosial teks biantara
























Pertemuan Kedua

Sora Supraségméntal























Pertemuan Ketiga

Menulis teks biantara
















Pertemuan Keempat

  1. Peragaan biantara

  2. Tanggapan peragaan biantara







  1. Materi Pengayaan

Jenis biantara yang berupa Hutbah


  1. Materi Remedial

Isi teks biantara




Pertemuan Pertama

  1. Peserta didik mengamati tayangan audio/video rekaman biantara;

  2. Peserta didik membaca teks biantara;

  3. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks biantara;

  4. Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks biantara;

  5. Peserta didik secara individual menyimpulkan isi teks biantara;

  6. Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks biantara.

  7. Peserta didik mengidentifikasi struktur teks biantara.

  8. Peserta didik bertanyajawab tentang struktur teks biantara.


Pertemuan Kedua 

  1. Peserta didik mengamati tayangan audio/video rekaman biantara;

  2. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi tekenan dalam melakukan biantara;

  3. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi nada dalam melakukan biantara;

  4. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi lentong dalam melakukan biantara;

  5. Peserta didik bertanyajawab tentang tekenan, nada, lentong dalam melakukan biantara.


Pertemuan Ketiga 

  1. Peserta didik berlatih menyusun teks biantara;

  2. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya saling mengoreksi teks biantara yang disusunnya;

  3. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap teks biantara yang disusun oleh peserta didik lainnya;


Pertemuan Keempat

  1. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya berlatih biantara;

  2. Peserta didik secara bergiliran biantara di depan kelas;

  3. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap peragaan biantara oleh peserta didik lainnya;



Tes tertulis          


Penugasan 


Tes tulis uraian    


Unjuk kerja




KOMPETENSI DASAR


MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

3.2







4.2

Mengidentifikasi isi teks deskripsi tentang kampung adat Sunda, dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Menyajikan secara deskriptif (baik lisan maupun tulisan) hasil analisis atau pengamatan terhadap kampung adat Sunda dengan memanfaatkan berbagai media.


  1. Materi Reguler 

Pertemuan Pertama

  1. Hakikat teks deskripsi

  2. Struktur teks deskripsi

  3. Isi teks deskripsi

  4. Hakikat kampung adat

  5. Ciri khas kampung adat















Pertemuan Kedua

Koherensi dan kohesi wacana








Pertemuan Ketiga dan Keempat

  1. Penyusunan  teks deskripsi

  2. Penyajian teks deskripsi tentang kampung adat sunda berdasarkan hasil pengamatan atau analisis



























  1. Materi Pengayaan

Perbandingan teks deskripsi dengan genre teks lainnya



  1. Materi Remedial

Isi teks deskripsi



Pertemuan Pertama

  1. Peserta didik mengamati tayangan video beberapa kampung adat di Jawa Barat;

  2. Peserta didik membaca teks deskripsi tentang kampung adat;

  3. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi teks deskripsi tentang kampung adat;

  4. Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi teks deskripsi tentang kampung adat;

  5. Peserta didik secara individual menyimpulkan isi teks deskripsi tentang kampung adat;

  6. Peserta didik mengidentifikasi struktur teks deskripsi;

  7. Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari teks deskripsi tentang kampung adat.


Pertemuan Kedua 

  1. Peserta didik membaca teks deskripsi tentang kampong adat;

  2. Peserta didik bertanyajawab tentang koherensi dan kohesi wacana;

  3. Peserta didik mengidentifikasi bentuk koherensi dan kohesi dalam teks deskripsi tentang kampong adat.


Pertemuan Ketiga 

  1. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya melakukan analisis hasil pengamatannya terhadap berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat;

  2. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyusun pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat dalam bentuk grafis; 

  3. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyampaikan pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat di sebuah kampung adat di depan kelas;

  4. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan analisis tentang kampung adat  oleh peserta didik lainnya;


Pertemuan Keempat

  1. Peserta didik secara individual menyusun teks deskripsi tentang kampung adat berdasarkan hasil analisis dan pengamatan oleh kelompoknya dan telah disempurnakan dalam kegiatan diskusi kelas sebelumnya; 

  2. Peserta didik secara bersama-sama satu kelas, membuat buku atau bentuk lainnya yang berisi kumpulan teks deskripsi tentang kampung adat;

  3. Peserta didik secara berkelompok membuat visualisasi deskripsi kampung adat yang ada di Jawa Barat, dalam bentuk video.


Tes tertulis          


Penugasan 


Tes tulis uraian    


Unjuk kerja





KOMPETENSI DASAR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

3.3







4.3

Mengidentifikasi unsur intrinsik ringkasan novel remaja dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Mendreskripsikan isi ringkasan novel remaja, dengan memperhatikan struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


  1. Materi Reguler

Pertemuan Pertama

  1. Pengertian novel

  2. Struktur novel

  3. Jenis novel












Pertemuan Kedua

Isi ringkasan novel















Pertemuan Ketiga

Ringkasan novel remaja dalam bentuk grafis


















Pertemuan Keempat

Makna denotatif dan konotatif












  1. Materi Pengayaan

Perbandingan novel dengan roman dan karya naratif lainnya


  1. Materi Remedial

Struktur novel



Pertemuan Pertama

  1. Peserta didik membaca ringkasan novel remaja;

  2. Peserta didik mengidentifikasi struktur novel remaja;

  3. Peserta didik bertanyajawab tentang struktur novel remaja;

  4. Peserta didik secara berkelompok menganalisis struktur novel remaja;

  5. Peserta didik bertanyajawab tentang aspek kebahasaan dan konteks dalam ringkasan novel remaja.


Pertemuan Kedua 

  1. Peserta didik membaca ringkasan novel remaja;

  2. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi ringkasan novel remaja;

  3. Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi ringkasan novel remaja;

  4. Peserta didik secara individual menyimpulkan isi ringkasan novel remaja;

  5. Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari ringkasan novel remaja yang dibacanya.



Pertemuan Ketiga 

  1. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya melakukan analisis hasil pengamatannya terhadap berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja;

  2. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyusun pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja; 

  3. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya menyampaikan pokok-pokok dari berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja;

  4. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan dan analisis tentang berbagai aspek yang terdapat dalam sebuah novel remaja;


Pertemuan Keempat

  1. Peserta didik secara berkelompok menyusun grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja; 

  2. Peserta didik secara berkelompok menyajikan grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja di depan kelas;

  1. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap penyajian grafis yang mendeskripsikan isi sebuah novel remaja.


Tes tertulis          


Penugasan 


Tes tulis uraian    


Unjuk kerja



KOMPETENSI DASAR


MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

3.4








4.4

Mengidentifikasi kekayaan idiom bahasa Sunda dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan memperhatikan struktur, fungsi sosial, dan aspek kebahasaan.


Menyajikan kekayaan idiom bahasa Sunda serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan memanfaatkan berbagai media.


  1. Materi Reguler

Pertemuan Pertama dan Kedua

  1. Hakekat pakeman basa Sunda 

  2. Klasifikasi pakeman basa Sunda

  3. Makna pakeman basa Sunda 













Pertemuan Ketiga dan Keempat

  1. Menyajikan pakeman basa Sunda dalam bentuk tulisan aksara Sunda

  2. Menyajikan pakeman basa Sunda dalam bentuk grafis untuk berbagai media





  1. Materi Pengayaan

Pakeman basa Sunda dalam biantara


  1. Materi Remedial

Makna pakeman basa Sunda



Pertemuan Pertama dan Kedua

  1. Peserta didik membaca teks yang mengandung pakeman basa Sunda;

  2. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi berbagai kalimat pakeman basa Sunda;

  3. Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan makna kalimat pakeman basa Sunda;

  4. Peserta didik secara berkelompok mengklasifikasikan berbagai pakeman basa Sunda

  5. Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari konsep tentang pakeman basa Sunda.


Pertemuan Ketiga dan Keempat

  1. Peserta didik menyusun tèks pakeman basa Sunda dalam bentuk aksara Sunda;

  2. Peserta didik menyajikan hasil kerja menyusun teks pakeman basa Sunda dalam bentuk aksara Sunda di depan kelas;

  3. Peserta didik menanggapi penyajian teks pakeman basa Sunda temannya;

Peserta didik secara berkelompok menyusun grafis berisi teks pakeman basa Sunda;


Tes tertulis          


Penugasan 


Tes tulis uraian    


Unjuk kerja






KOMPETENSI DASAR


MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

3.5







4.5

Mengidentifikasi unsur-unsur teks drama, dengan memperhatikan bentuk dan struktur teks, unsur, serta aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.


Mendemontrasikan adegan drama dengan memperhatikan penghayatan, ekspresi, gestur dan lagu kalimat yang tepat.

  1. Materi Reguler

Pertemuan Pertama

  1. Pengertian drama

  2. Struktur drama
















Pertemuan Kedua

Ragam dan bentuk drama basa Sunda










Pertemuan Ketiga dan Keempat

Peragaan Drama







  1. Materi Pengayaan

Skenario film berdasarkan naskah drama


  1. Materi Remedial

Struktur drama



Pertemuan Pertama

  1. Peserta didik menyimak tanyangan drama;

  2. Peserta didik bertanyajawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan drama yang ditayangkan;

  3. Peserta didik membaca naskah drama;

  4. Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi isi drama berdasarkan naskah yang dibacanya;

  5. Peserta didik bertanya jawab tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi drama berdasarkan naskah yang dibacanya;

  6. Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi unsur-unsur drama; menyimpulkan isi ringkasan novel remaja;

  7. Peserta didik bertanyajawab tentang unsur-unsur drama.


Pertemuan Kedua 

  1. Peserta didik mengamati tayangan pertunjukan bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda

  2. Peserta didik mengidentifikasi bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda;

  3. Peserta didik bertanyajawab tentang bentuk-bentuk drama dalam basa Sunda;

  4. Peserta didik secara berkelompok mengklasifikasikan drama dalam basa Sunda berdasarkan bentuknya.


Pertemuan Ketiga dan Keempat

  1. Peserta didik secara bersama-sama dalam kelompoknya bermain drama secara bergantian dengan kelompok lain;

  1. Peserta didik menyampaikan tanggapan terhadap hasil pengamatan pertunjukan drama oleh kelompok lainnya;


Tes tertulis          


Penugasan 


Tes tulis uraian    


Unjuk kerja


Kepala SMP Negeri 2 Cipongkor, Cipongkor,   Juli 2018Guru

                                                                                                Mata Pelajaran,



H. Dadang Arifin, S. Pd,M.Si      Saepudin Mukti, S. Pd

NIP 19610511 198302 1 002                               NIP 197312 201412 1 002   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar